Jakarta, Shifter – Porsche memperluas lini model 911 dengan menghadirkan tiga varian terbaru. Edisi terbaru dari Carrera 4S kini hadir dalam pilihan Coupé dan Cabriolet.
Bersama dengan Targa 4S, ketiganya melengkapi jajaran model yang berada di bawah varian GTS yang memiliki performa jauh lebih bertenaga.
Peluncuran ini sekaligus menggandakan jumlah varian all-wheel-drive (AWD) pada model 911, menjadi total enam varian. Paket keseluruhan juga dilengkapi dengan pilihan personalisasi tambahan serta peningkatan pada daftar fitur standar.
Seperti seluruh model AWD lainnya dalam keluarga 911, varian S ini juga dirancang dengan karakteristik handling rear-biased.
Jika diperlukan, sistem Porsche Traction Management (PTM) akan menyalurkan torsi penggerak tambahan ke poros depan untuk meningkatkan traksi dan stabilitas kendaraan.
Sama seperti pada model sebelumnya, kopling pada diferensial depan yang masih menggunakan pendingin air ini dikendalikan secara elektromekanis.
Hanya rasio gir yang mengalami sedikit penyesuaian. Sementara itu, bodi model 911 Targa tetap eksklusif hadir dengan sistem AWD.
Seluruh varian AWD terbaru dari Porsche 911 kini mengadopsi sistem penggerak yang telah disempurnakan dari Carrera S. Mesin 3.0 L twin-turbo enam silinder boxer-nya menghasilkan tenaga sebesar 478 dk, meningkat 28 dk dibandingkan model pendahulunya.

Peningkatan performa ini sebagian berasal dari sistem intercooler yang dioptimalkan, di mana desainnya diadaptasi dari 911 Turbo.
Tenaga mesin tersebut disalurkan ke keempat roda melalui transmisi Porsche dual-clutch delapan percepatan (PDK).
Hasilnya, 911 Carrera 4S Coupé mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,3 detik (dengan Sport Chrono Package) dan mencapai kecepatan maksimum 308 km/jam.
Perlengkapan standar pada model-model terbaru ini juga mengalami peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya.
Kini termasuk velg Carrera S dengan ukuran berbeda depan-belakang 20/21 inci dengan desain terbaru, Porsche Torque Vectoring Plus (PTV+), dan sistem knalpot sport dengan karakter suara khas 911.
Sistem pengereman yang digunakan berasal dari model GTS, lengkap dengan kaliper rem berwarna merah dan cakram berukuran 408 mm di depan serta 380 mm di belakang. Khusus untuk 911 Targa 4S, rear-wheel steering hadir sebagai perlengkapan standar.
Sementara itu, tipe Cabriolet dan Targa dilengkapi kursi belakang, sedangkan versi Coupé hadir sebagai dua-seater secara default. Namun, opsi kursi belakang tetap tersedia tanpa biaya tambahan. Kabin mobil sport AWD ini dibalut paket kulit sebagai standar.
Fitur lainnya termasuk matrix LED headlight, pengisian daya smartphone nirkabel, spion luar lipat elektrik dengan lampu penerangan, Light Design Package, spion otomatis meredup (interior dan eksterior) dengan sensor hujan terintegrasi, serta Lane Departure Warning.
Pelanggan juga dapat memilih berbagai opsi personalisasi lainnya sesuai keinginan, mulai dari kombinasi warna dan material interior, sistem audio, fitur bantuan pengemudi, hingga konfigurasi atap kendaraan. (Shifter/Nugie)