Tangerang, Shifter – Volkswagen menggandeng para seniman muda Indonesia dalam kampanye New Buzz in Life, mengubah ID. BUZZ menjadi media ekspresi visual yang hidup dan penuh makna. VW ID. BUZZ hasil kolaborasi tersebut dipajang di booth VW di GIIAS 2025.
Ahmad Badawi, Head of Sales & Marketing Volkswagen Indonesia, menyoroti pentingnya menjadikan industri ekonomi kreatif (EKRAF) sebagai ruang tumbuh bagi talenta lokal.
“ID. BUZZ adalah simbol masa depan penuh warna, sarat makna, dan sangat personal. Kami bangga bisa menjadikannya bagian dari narasi besar budaya dan kreativitas generasi muda Indonesia,” ungkapnya penuh semangat.
Kolaborasi ini menggandeng dua IP lokal yang telah mencuri perhatian, yaitu Beemala dan Tenka Street.
Di tangan mereka, ID. BUZZ bukan sekadar kendaraan listrik, tapi berubah menjadi ‘kanvas berjalan’ yang memuat karakter unik dan cerita petualangan lintas dunia.
Ada Beemala, pelindung dunia Noermaya yang ceria dan penuh rasa ingin tahu, serta trio Tenka Street Bujel si kucing hangat, Kenyim yang spontan, dan Patka sang pemikir.
Para kreator di balik proyek ini, seperti Tabe Thay, serta Ton & Kay, mengungkapkan antusiasme mereka akan kesempatan berekspresi secara bebas di atas bodi mobil.
“Ini pengalaman luar biasa. Kami diberikan ruang sepenuhnya untuk menggambarkan semangat keberagaman, ekspresi diri, dan optimisme masa depan melalui karakter dan cerita yang kami ciptakan,” ujar mereka.
Cerita yang tergambar di bodi ID. BUZZ bukan hanya ornamen visual, tapi kisah penuh imajinasi. Petualangan Bujel, Kenyim, dan Patka membawa penonton ke dunia Noermaya, tempat mereka harus menghadapi Monster Barong demi menyelesaikan misi penting.
Dengan ID. BUZZ sebagai kendaraan ajaib yang menembus rintangan, kisah ini menjadi metafora tentang kolaborasi, keberanian, dan eksplorasi.
Agar karya seni tetap utuh di atas permukaan mobil, Volkswagen menggandeng MAXDECAL sebagai mitra teknis.
Di sini, Maxdecal menggunakan material stiker transparan berkualitas tinggi untuk bodi ID. BUZZ.
“Kami ingin karya ini benar-benar hidup di jalanan, tahan cuaca, dan tetap memukau. Ini bukti bahwa teknologi dan seni bisa berjalan beriringan,” jelas Nofian Hendra dari MAXDECAL. (Shifter/Ario)